Rabu, 12 Januari 2011

SATE


SATE MARANGGI


SATE MARANGGI CIBUNGUR YANG TERMASYUR
Oleh Dony Riyadi,S.ST


Sate Maranggi Cibungur, para pecinta kuliner nusantara sebagian besar telah mengenalnya selain rasanya yang gurih dan empuk juga sambal pendampingnya yaitu terdiri dari irisan tomat segar, cabe rawit dan garam ditambah dengan kecap manis untuk menambah kelezatan dan penetralisir rasa pedas sehingga mempunyai cita rasa tersendiri, kuliner khas daerah Jawa Barat ini memang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya.

Sate Maranggi dapat ditemui di daerah Purwakarta dan Cianjur, memang dengan bumbu khas sate ini sangat istimewa dan mempunyai cirri khas tersendiri, bumbu yang digunakan juga merupakan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih ketumbar, gula merah dan garam juga sedikit penyedap rasa maka Sate Maranggi mempunyai rasa yang lain dengan kebanyakan sate yang kita temui.

Rumah makan yang sangat terkenal untuk sate maranggi adalah rumah makan cibungur yang terletak di Jalan raya cibungur kabupaten Purwakarta ini sudah sangat terkenal bahkan apabila hari libur para pelanggan akan kesulitan mendapatkan tempat duduk dikarenakan selalu penuh setiap waktu makan siang maupun malam, restoran yang sekarang dikelola Oleh Ibu Hj. Yeti berada tepatnya sekitar 500 Meter dari Gerbang tol Cikampek arah Sadang, ini dapat menghabiskan daging rata-rata perhari mencapai 70 Kg daging yang terdiri dari 35 Kg Daging Sapi dan 35 Kg daging kambing, itu belum termasuk untuk Sop dan makanan lainnya. Perporsi (@10 Tusuk) kita dapat menikmati Sate Maranggi dengan harga Rp. 15.000,- ditambah Rp. 4000 untuk satu nasi putih hangat yang tebungkus daun pisang, biasanya kita akan kurang untuk satu bungkus karena perporsi hanya memiliki berat sekitar 80 Gram.

Menurut sumber Bapak Rakib yang juga merupakan keluarga dekat Ibu Hajah (nama yang biasa disebut untuk Ibu Hj. Yeti) Restoran ini telah berdiri sejak Tahun 1982an yang dikelola oleh orang tua Ibu Hajah dan Restoran ini juga dapat membantu perekonomian warga sekitar karena tidak kurang dari 50an warga membantu operasional restoran ini mulai dari persiapan, proses maupun Pembakaran, hingga kini Restoran Cibungur tidak membuka cabang ditempat lain dikarenakan alasan bahwa supaya kualitas dan keunikan sate Maranggi Cibungur tidak dapat ditemui di daerah lainnya, dan apabila menemui sate Maranggi ditempat lain rasanya pastilah berbeda dengan Restoran ini, dan setelah pembangunan Jalan Tol CIPULARANG (Cikampek-Purwakarta dan Padalarang) diresmikan, pihak pengelola tidak merasa khawatir karena sudah memiliki pelanggan tetap bahkan pelanggan sengaja kelura tol cikampek atau tol sadang hanya untuk menikmati makan juga pengobat rindu akan kelejatannya tambah pak rakib sambil tersenyum lebar, keramahan juga merupakan kunci sukses usaha kuliner ini pada saat kami (penulis) bertanya disambut ramah bahkan seakan mempersilahkan layaknya sebuah keluarga besar.

Menurut ahli kuliner Bapak Drs. Suseno Kardigantara,MM.Par seorang Dosen dari Sekolah Tinggi pariwiwsata Bandung juga penasehat di Ikatan Chef Jawa Barat ini ketika menikmati sate maranggi ini beliau mengatakan bahwa kelezatan yang dihasilkan oleh sate ini terletak pada bumbu dan pengolahannya salah satunya adalah lemak daging yang selalu terdapat dalam setiap tusukannya juga pembakaran dilakukan a’la minute yaitu setelah ada pesanan, apabila kita bawa pulang kerumah dan sate Maranggi akan berubah Rasa, Aroma dan Penampilan itu karena ciri khas dari daging adalah tidak dapat dipanaskan ulang setelah proses pembakaran karena akan menyebabkan daging sate akan lebih keras bukan karena hal “lain” jawabnya sambil tertawa lepas.


Chef Seno (nama panggilan akrab) juga mengingatkan bahwa kunci keberhasilan dari sebuah usaha kuliner bukan hanya pada produk yang dijual tetapi banyak faktor diantaranya adalah harga jual, keramah-tamahan, kenyamanan, kebersihan, keikhlasan dalam memberikan manfaat yang baik bagi konsumen juga masyarakat sekitar seperti yang dilakukan oleh restoran Cibungur ini dan yang paling penting adalah menjaga ciri khas dari usaha kita yang menyebabkan para pelanggan akan datang kembali, Tambah Chef Seno bahwa usaha kuliner merupakan usaha yang dapat menjalankan roda ekonomi berjalan cepat karena bersifat cash flow yaitu penjualan langsung dapat menerima keuntungan langsung dapa saat itu juga, namun harus diperhatikan bahwa usaha kuliner juga sangat sensitive karena sekali konsumen kecewa terhadap produk maupun pelayanan kita maka akan sangat sulit membuat konsumen dapat kembali percaya.

Selasa, 11 Januari 2011

THE SPIRIT OF HOSPITALITY


1.     KUNCI DASAR DIDALAM HOSPITALITY BUSINESS
2.     SIAPA YANG BERKONTRIBUSI DALAM MEBERIKAN PELAYANAN SPECIAL ?
3.     APA YANG MEMBUAT PELAYANAN ANDA BEGITU SPECIAL ?
4.     SIAPA PELANGGAN ANDA ?
5.     MENGAPA PELANGGAN ITU PENTING ?
6.     MENGAPA ANDA MENGHARGAI SEBUAH PROFESIONALITAS ?
7.     KETIKA TEAM TIDAK LAGI SOLID
8.     APA YANG INGIN ANDA CAPAI DENGAN MENJADI BAGIAN DARI TEAM ?



  1. KUNCI DASAR DARI BISNIS KERAMAH-TAMAHAN

-       ATTITUDE atau SPIRIT. adalah kunci kesuksesan dalam sebuah bisnis keramah-tamahan
Perhatikan Jika A =1 ; B = 2 ; C = 3, Dst.................

Maka             K   N  O  W  L   E  D  G  E
            11  14 15  23 12  5  4  7   5  = 96 %
             S    K    I    L    L
            19  11   9   12   12   = 63  %
            A     T     T     I     T    U     D     E  
            1     20    20   9     20   21    4      5  = 100 %
-       ATTITUDE atau SPIRIT dapat membuat sebuah bisnis yang produknya tidak nyata menjadi nyata bagi Tamu karena pengalamannya dapat dibawa pulang
-       ATTITUDE atau SPIRIT dapat mempengaruhi pengalaman yang dimiliki oleh Tamu di Tempat anda
-       ATTITUDE atau SPIRIT adalah sangat erat kaitannya dengan Bisnis Keramah-Tamahan dimana Tamu membayar mahal untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan
-       ATTITUDE atau SPIRIT dapat membuat suasana menyenangkan baik kepada Tamu yang datang maupun kepada Teman sejawat
-       ATTITUDE atau SPIRIT dapat memberikan penghargaan yang diberikan kepada anda sesuatu yang special dan berbeda untuk dibawa pulang setiap harinya
-       ATTITUDE atau SPIRIT beriringan sebagaimana berkerjasama dengan Kolega, Atasan maupun Tamu yang bergabung dengan SPIRIT OF HOSPITALITY anda








  
2. SIAPAKAH YANG MEMBERIKAN KONTRIBUSI PELAYANAN SPICIAL ?



KARYAWAN YANG : ............................


Ø TERSENYUM DAN RAMAH
Ø SOPAN DAN SANTUN
Ø BAIK DAN IKHLAS
Ø MENGORBANKAN WAKTU UNTUK MENGETAHUI KEBUTUHAN ANDA
Ø PERDULI TERHADAP KEBUTUHAN ANDA
Ø INGIN SELALU MEMBANTU ANDA
Ø MENGETAHUI BAGAIMANA MEMBANTU ANDA
Ø SELALU MELALUKAN ”EYE CONTACT”
Ø MEMBERIKAN PERHATIAN LEBIH KEPADA ANDA DARIPADA KEPADA MESIN, KERTAS KERJA, TELEPHONE,......
Ø SELALU MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN MENGUNDANG ANDA UNTUK KEMBALI


  1. APA YANG MEMBUAT PELAYANAN ANDA BEGITU SPECIAL ?????

-       SMILE FOR EVERYONE ;
Senyum adalah simbol umum dari Hospitality, Ketika anda di Sapa dengan tersenyum walaupun ditempat yang asing maka anda akan merasa relax dan diterima sebagai Tamu

-       EYE CONTACT
Eye Contact ini akan mengekspresikan bahwa anda peduli kepada Tamu

-       REACHING OUT TO EVERY GUEST WITH HOSPITALITY
Ini akan menolong anda dan perusahaan berkembang dan maju sebagai Bisnis Kelanjutan “REPEAT BUSINESS”

-       VIEWING EACH GUEST SPECIAL
Jika anda memperlakukan setiap tamu sebagai Tamu yang anda undang ke rumah anda, Tamu akan merasa sangat berharga dan mendapatkan sesuatu walaupun mengeluarkan Uang

-       INVITING GUEST TO RETURN WITH A SINCERE “ THANK YOU “
Tamu akan kembali mengunjungi kita lagi dan memberitahukan kepada Teman-Temannya akan hal “SPIRIT OF HOSPITALITY”, apalagi Tamu VIP, VVIP

-       CREATING A WARM ATMOSPHERE OF HOSPITALITY
The Hospitality- Keramah Tamahan adalah hal terbaik yang ditampilkan ketika kita perduli dan menunjukan keaslian budaya dalam memuaskan kebutuhan Tamu

-       EXCELLENT IN EVERYTHING WE DO
Hasil akhir akan membuat pelayanan kita menjadi prima

-       UNDERSTAND THE GUEST
Setiap tamu selalu ingin dimengerti baik kebutuhan maupun keinginannya

-       MAKE A GUEST IMPORTANT
Setiap tamu ingin dianggap penting



4.  SIAPAKAH PELANGGAN ANDA ??????

-       SETIAP ORANG YANG PENTING KITA SEBUT TAMU
-       BANYAK TIPE-TIPE TAMU YANG DATANG KE TEMPAT BISNIS KERAMAH-TAMAHAN
-       SETIAP TAMU MEMPUNYAI ALASAN YANG BERBEDA UNTUK BERKUNJUNG
-       SETIAP TAMU INGINKAN PELAYANAN SPECIAL DAN PERHATIAN
-       SETIAP TAMU PASTI SESUATU YANG DASAR :
PELAYANAN YANG MEMUASKAN

5.  JIKA ANDA SEORANG TAMU :

-       KARYAWAN TIDAK PERDULI DENGAN ANDA
-       ANDA TIDAK DIHARGAI
-       KARYAWAN TERLALU SIBUK UNTUK MELAYANI DAN MEMENUHI KEBUTUHAN ANDA
-       ANDA DIBERIKAN INFORMASI YANG SEDIKIT OLEH KARYAWAN
-       KARYAWAN TIDAK BEKERJASAMA SEPERTI TIM
-       KARYAWAN TIDAK PERDULI TERHADAP PEKERJAANNYA
-       KARYAWAN TIDAK PERDULI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN



6. THE HOSPITALITY PROFESSIONAL

-       MENDENGARKAN / BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK
-       PERLAKUKAN SEMUA TAMU SPECIAL
-       BERIKAN PERHATIAN LEBIH TERHADAP KEBUTUHAN DAN KEINGINAN TAMU
-       RAMAH DAN TERSENYUM
-       BERPENAMPILAN BAIK DAN RAPIH
-       SOPAN DAN SANTUN
-       MEMPUNYAI SIKAP DAN PRILAKU YANG BAIK
-       MELAYANI TAMU DENGAN MELIHAT PERSPEKTIF TAMU SETIAP SAAT
-       HARUS BERTERIMA KASIH KEPADA TAMU


MENGAPA ANDA MENGHARGAI SEBUAH PROFESIONALITAS
-
-       MEMPUNYAI BAKAT DAN KEMAMPUAN YANG ALAMI
-       MAMPU MENGHARGAI ORANG LAIN
-       BERDEDIKASI TERHADAP PEKERJAAN
-       JUJUR
-       KETIDAKTERGANTUNGAN
-       SERIUS TERHADAP PEKERJAAN
-       ANTUSIAS AND ENJOY TERHADAP PEKERJAAN
-       ”THE TOPS” APA YANG DILAKUKANNYA
-       ”MEMBERIKAN LEBIH”



7.    TEAMWORK TIDAK SOLID, KARENA KARYAWAN ........

-       MEMIKIRKAN KEPENTINGAN PRIBADI
-       TIDAK MENYADARI BAHWA KETERKAITAN DENGAN DEPARTEMEN LAINNYA
-       TIDAK BEKERJA SECARA PERFORMA
-       GAGAL DALAM MENCAPAI TUJUAN BERSAMA
-       KETIDAK PERCAYAAN KEPADA DEPARTEMEN LAINNYA
-       TIDAK MEMBANTU SATU DENGAN YANG LAINNYA
-       TIDAK PEKA TERHADAP KEBUTUHAN TEAM
-       TIDAK TERMOTIVASI
-       MEMBIARKAN TAMU DENGAN KESAN NEGATIVE
-       SALING CURIGA-MENCURIGAI
-       MASALAH DALAM BERKOMUNIKASI

APA YANG ANDA DAPATKAN DALAM TIM

-       PERKEMBANGAN KOMUNIKASI SESAMA TEMAN SEJAWAT
-       KEPERCAYAAN DAN SUASANA KERJA YANG NYAMAN
-       SALING MEMBANTU DALAM SITUASI SULIT ATAU SIBUK
-       MENGURANGI STRESS
-       MENGETAHUI PERAN, TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB MASING-MASING INDIVIDU
-       BERKESEMPATAN BELAJAR DARI ORANG LAIN
-       MEMBUAT TUJUAN, VISI, DAN MISI BERSAMA LEBIH MUDAH TERCAPAI



8.    APA YANG ANDA INGINKAN DARI PEKERJAAN


RANKING
FAKTOR
ALASAN


APRESIASI PENYELESIAN PEKERJAAN



KEAMANAN PEKERJAAN



GAJI LEBIH TINGGI



PEKERJAAN YANG MENYENANGKAN



PROMOSI JABATAN



SUPPORT DAN BECK UP DARI ATASAN



KONDISI KERJA YANG NYAMAN



DISIPLIN DAN PROFESIONALISME



DIHARGAI DALAM PEKERJAAN


RASA MEMILIKI TERHADAP PEKERJAAN DAN PERUSAHAAN





WORLD WIDE CUISINE


Food Production
Professional Skill Development
WORLD WIDE CUISINE
“Pengalaman keliling dunia melalui wisata kuliner”
Oleh : Dony Riyadi,S.ST


Kompetensi yang dimiliki para calon juru masak professional yang akan mewarnai dunia pariwisata dunia pada umunya dan pariwisata di Indonesia khususnya, terlihat jelas dari tangan-tangan terampil dalam mengolah masakan yang berkualitas Internasional dengan tampilan Food Display yang mewakili suatu Negara dalam kontes Professional Skill Development (PSD) yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Tata Boga- Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

WORLD WIDE CUISINE adalah tema yang diangkat dalam kegiatan per semester ini, beberapa Negara yang sudah terkenal dengan seni kulinernya yang khas seperti Negara Perancis, Jepang, Italia, Spanyol, India, Cina, Mexico, Amerika Latin dan tidak ketinggalan Republik Indonesia menjadi Food Display yang banyak dikunjungi oleh para tamu undangan.

Program PSD bertujuan untuk meningkatkan kualitas para calon juru masak bertaraf internasional, Bapak Drs. H. Saiful Adi,M.Pd selaku Ketua Jurusan Manajemen Hospitaliti mengatakan bahwa perlu dikembangkan kegiatan seperti ini agar dapat terus menciptakan kompetensi para calon chef dan mampu bersaing dengan tenaga ahli secara go Internasional.

Kegiatan Food Festival ini dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2010 di STP.Bandung, terdiri dari tidak kurang dari 42 macam menu dari 10 Negara didunia secara bersamaan sehingga para tamu undangan dapat diajak berwisata kuliner, Chitra Joelia Hafsari salah satu tamu undangan dari Jakarta tidak henti-hentinya mencicipi masakan demi masakan yang disajikan, “ini pengalaman saya berkeliling dunia dalam berwisata makanan” ujarnya tersenyum. Para peserta diwajibkan menampilkan masakan khas Negara tertentu, baik dari bahan dasar, rasa, sampai dengan tampilan haruslah menampilkan Negara tersebut. MUNIK ikut serta dalam kegiatan ini melalui Sales Representative Hanhan mengatakan bahwa “ Kami senang dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, karena sesuai dengan misi kami juga yaitu memperkenalkan masakan indonesia kedunia internasional melalui chef-chef putra bangsa handal yang berawal dari akademi seperti saat ini”


Pada akhir kegiatan ini seluruh peserta dinilai oleh para 5 orang Juri yang handal yaitu chef Yanto dari Novotel Bandung, chef Dadan dari Hotel Hilton Bandung, chef Saiful Adi, chef Ayu Nurwitasari dan chef Dony Riyadi yang ketiganya adalah dosen Manajemen Tata Boga. Penilaian yang dilakukan juri adalah Personal Hygiene, Food Hygiene, Teamwork, Creativity, Taste, Appearance, Food Display, Soft Skill dan Knowledge.

Soft Skill yang dinilai para juri adalah kemampuan peserta dalam mempresentasikan atau menjelaskan kepada tamu undangan perihal makanan yang dihasilkan dalam bahasa yang baik, mudah dipahami dan selalu ramah dalam menjawab pertanyaan, “Soft Skill tersebut sangat diperlukan dalam Hospitality Business, melatih kepercayaan diri seorang calon chef dalam berkomunikasi dengan tamu” ujar chef Dony yang juga ketua tim kreatif kegiatan PSD tahun 2010 ini.

Chef Dadan mengatakan dalam sambutannya “Seorang chef itu harus kreatif dan selalu up to date dalam menciptakan makanan berkualitas, tamu sudah semakin selektif dalam menikmati produk yang ditawarkan, bukan hanya rasa dan penampilan tetapi juga yang penting adalah kemampuan seorang chef dalam mempresentasikan makanan yang dibuat secara baik”.     

Chinese Cuisine yang beranggotakan Ivonne, Aria Damar, Hatta menjadi juara pertama dalam kegiatan kali ini dengan menu andalannya adalah Appetizer : Assorted Dimsum (Xiao Lung Bao, Har gao, Vegetable Spring Roll, Tofu Skin roll), Soup : adalah Pigeon Soup in bamboo, untuk Main course : Beggar's Chicken,  Hainan Rice, Kailan and tofu with garlic sauce, Thousand Years Old Eggs, Chili Oil dan untuk Dessert : Almond Pudding.

Spanish Cuisine yang mendapatkan posisi kedua beranggotakan Astria Nathania, Billy Ferdinan, Nophan Alfian, Samy mereka membuat menu andalannya adalah Appetizer Ensalada de Pimlento Asados, Tomato con Atun, Tortilla de Patatas, Albondigas, Soup: Raspberry and Orange Gazpacho, Main Course: Paella Valenciana, Dessert: Natillas

Japanese Cuisine memperoleh juara ketiga beranggotakan Bayu, Bob desmond dan jessica  dengan menu andalannya adalah Bukkake Soba, Dobin Mushi, Chawan Mushi, Maguro Tataki, Assorted Sashimi, Assorted Suchi, Kids Bento

Ivone salah satu anggota dari Chinese cuisine mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan hasil atas kerja kerasnya bersama Tim nya, “Kami tidak yakin kalau kami menang, karena semua display sangat bagus” jelasnya bahagia.

Penilaian juri sangat ketat dan dengan hasil yang tidak jauh berbeda antara satu juara dengan juara lainnya, juara pertama mendapatkan 84,5 poin, juara kedua mendapatkan 80 poin dan juara ketiga mendapatkan 74 poin, “Kami sangat berhati-hati dalam menentukan pemenang, sebenarnya semua sudah sangat baik namun kami menentukan Best of The Best “ papar chef Yanto.

Selamat bagi para pemenang, jadilah chef yang mempunyai kualitas tinggi dan mengharumkan nama Indonesia dalam kancah dunia.





THANK YOU PROBLEM


THANK YOU PROBLEM
Oleh : Dony Riyadi,S.ST


Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda…, slogan itu pernah kita dengar dari orang tua, guru bahkan sahabat kita untuk dapat membangkitkan semangat kita untuk terus dapat berjuang setelah terpuruk dalam kata yang bernama GAGAL…. pernahkan kita merasa gagal ?, setelah gagal, haruskah kita berjuang dari awal ?, bagaimana apabila usaha kita gagal lagi...???. Ditubuh TNI AL percaya bahwa laut yang tenang tidak akan menambah ilmu, keahlian dan keterampilan seorang pelaut handal….

Kadang kita takut bertemu dengan masalah atau kegagalan, saya pernah dinasehati oleh paman saya sewaktu saya menemui kekecewaan dia berkata bahwa “pengalaman adalah guru yang terbaik”, saya sudah banyak makan ASAM dan GARAM” tegasnya.

Saya berfikir sejenak, Asam dan Garam itu rasanya ASEM, PAHIT, ASIN toh mengapa orang bangga telah banyak makan asam dan garam?, kenapa tidak bilang bahwa sudah banyak menikmati hidup ini, kesuksesan hidup, manisnya hidup, bahagianya hidup…. dalam memberi nasehat kenapa harus ASAM dan GARAM?

Sayapun ingat akan kata ini ”Masalah itu ada harus selesaikan dan bukan disesuaikan”, begitu petikan kata yang keluar dari presentasi yang diberikan seorang motivator handal Mario Teguh.

Banyak orang menyesuaikan masalah, bukan berusaha untuk menyelesaikannya, contoh kecilnya adalah apabila kita kekurangan secara financial ternyata bukan berhemat namun lebih berusaha untuk mencari lebih, agar kebutuhan kita layak untuk dipenuhi. Para ilmuan di Inggris menyatakan bahwa otak manusia terdiri dari 3 Milyar sel syaraf dan apabila disambungkan mengelilingi bumi maka dapat 3 kali putaran.

Masalah demi masalah dalam hidup sepertinya haus akan penyelesaian, semakin disesuaikan maka semakin banyak masalah yang timbul namun semakin kita selesaikan semakin dewasalah kita dalam menyikapi suatu masalah yang dapat kita selesaikan tanpa emosi, karena emosi hanya akan memperumit hidup kita.

Saya pernah melakukan kegiatan rutinitas saya dalam bekerja untuk menghindari kesalahan atau kegagalan dengan Excellent Time, masuk jam 8 pagi maka saya datang jam 8 dan pulang jam 4 sore maka sayapun pulang tepat waktu, tanpa berbuat sesuatu yang beresiko membuat kegagalan dan kesalahan, mengikuti perintah atasan, mengikuti kebudayaan tempat saya bekerja, 6 tahun saya melakukan sesuai standar kerja seorang pegawai tanpa prestasi kerja, karir yang diberikan manajemen, gaji sesuai UMR… suatu saat sayapun diingatkan oleh rekan kerja saya, dia berkata “jangan kamu membenarkan kebiasaan namun biasakanlah untuk benar, membenarkjan kebiasaan hanya akan membuat dirimu semakin jauh dari perubahan dan kalau kamu membiasakan diri untuk benar maka kamu akan terus mengikuti jaman”  

Seekor kupu-kupu dibelakang rumah saya akan keluar dari kepompongnya, dengan tidak sabar untuk membantu kupu-kupu tersebut saya robek kepompongnya agar kupu-kupu tersebut keluar dari masalah yang dihadapinya, namun kupu-kupu itu terjatuh dan mati sekitar 15 menit kemudian..., dan setelah saya membaca buku bahwa itu adalah proses yang alami, tidak dapat dipaksakan untuk mempercepat dan memotong takdir alam, proses yang harus dilalui kupu-kupu agar nantinya mempunyai tenaga untuk dapat terbang setelah keluar dari kepompong

Para cendikiawan dan professional melakukan konferensi tingkat dunia untuk mencari jawaban dari permasalahan yang dihadapi dunia ini, setelah melakukan penelitian yang panjang, setelah melalui perdebatan yang melelahkan dan akhirnya ditemukan jawabannya yaitu I AM….. (SAYA)

Permasalahan yang sesungguhnya adalah diri kita sendiri, tanpa saya sadari saya selalu menaruh kesalahan pada orang lain, memfitnah orang lain, mencemooh orang lain tanpa saya berkaca terhadap diri saya sendiri.

THANK YOU PROBLEM, kata yang tabu untuk saya katakan dahulu, namun setelah saya sadari bahwa memang masalah membuat saya lebih dewasa, lebih hati-hati dalam memutuskan, berbicara dan bertindak…..

THANK YOU PROBLEM, tanpamu sepertinya saya akan terus terhempas jaman, pelaut yang berlayar dikolam renang, katak dalam tempurung…

THANK YOU PROBLEM, saya tidak akan menyesuaikanmu, tidak akan membuatmu namun akan saya lewati dirimu dengan penuh keyakinan dan semangat bahwa setelah itu akan saya temukan pelajaran berharga akan rasa ASAM dan GARAM yang akan saya pergunakan dalam perjalanan hidup saya yang Manis…………