Selasa, 11 Januari 2011

WORLD WIDE CUISINE


Food Production
Professional Skill Development
WORLD WIDE CUISINE
“Pengalaman keliling dunia melalui wisata kuliner”
Oleh : Dony Riyadi,S.ST


Kompetensi yang dimiliki para calon juru masak professional yang akan mewarnai dunia pariwisata dunia pada umunya dan pariwisata di Indonesia khususnya, terlihat jelas dari tangan-tangan terampil dalam mengolah masakan yang berkualitas Internasional dengan tampilan Food Display yang mewakili suatu Negara dalam kontes Professional Skill Development (PSD) yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Tata Boga- Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

WORLD WIDE CUISINE adalah tema yang diangkat dalam kegiatan per semester ini, beberapa Negara yang sudah terkenal dengan seni kulinernya yang khas seperti Negara Perancis, Jepang, Italia, Spanyol, India, Cina, Mexico, Amerika Latin dan tidak ketinggalan Republik Indonesia menjadi Food Display yang banyak dikunjungi oleh para tamu undangan.

Program PSD bertujuan untuk meningkatkan kualitas para calon juru masak bertaraf internasional, Bapak Drs. H. Saiful Adi,M.Pd selaku Ketua Jurusan Manajemen Hospitaliti mengatakan bahwa perlu dikembangkan kegiatan seperti ini agar dapat terus menciptakan kompetensi para calon chef dan mampu bersaing dengan tenaga ahli secara go Internasional.

Kegiatan Food Festival ini dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2010 di STP.Bandung, terdiri dari tidak kurang dari 42 macam menu dari 10 Negara didunia secara bersamaan sehingga para tamu undangan dapat diajak berwisata kuliner, Chitra Joelia Hafsari salah satu tamu undangan dari Jakarta tidak henti-hentinya mencicipi masakan demi masakan yang disajikan, “ini pengalaman saya berkeliling dunia dalam berwisata makanan” ujarnya tersenyum. Para peserta diwajibkan menampilkan masakan khas Negara tertentu, baik dari bahan dasar, rasa, sampai dengan tampilan haruslah menampilkan Negara tersebut. MUNIK ikut serta dalam kegiatan ini melalui Sales Representative Hanhan mengatakan bahwa “ Kami senang dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, karena sesuai dengan misi kami juga yaitu memperkenalkan masakan indonesia kedunia internasional melalui chef-chef putra bangsa handal yang berawal dari akademi seperti saat ini”


Pada akhir kegiatan ini seluruh peserta dinilai oleh para 5 orang Juri yang handal yaitu chef Yanto dari Novotel Bandung, chef Dadan dari Hotel Hilton Bandung, chef Saiful Adi, chef Ayu Nurwitasari dan chef Dony Riyadi yang ketiganya adalah dosen Manajemen Tata Boga. Penilaian yang dilakukan juri adalah Personal Hygiene, Food Hygiene, Teamwork, Creativity, Taste, Appearance, Food Display, Soft Skill dan Knowledge.

Soft Skill yang dinilai para juri adalah kemampuan peserta dalam mempresentasikan atau menjelaskan kepada tamu undangan perihal makanan yang dihasilkan dalam bahasa yang baik, mudah dipahami dan selalu ramah dalam menjawab pertanyaan, “Soft Skill tersebut sangat diperlukan dalam Hospitality Business, melatih kepercayaan diri seorang calon chef dalam berkomunikasi dengan tamu” ujar chef Dony yang juga ketua tim kreatif kegiatan PSD tahun 2010 ini.

Chef Dadan mengatakan dalam sambutannya “Seorang chef itu harus kreatif dan selalu up to date dalam menciptakan makanan berkualitas, tamu sudah semakin selektif dalam menikmati produk yang ditawarkan, bukan hanya rasa dan penampilan tetapi juga yang penting adalah kemampuan seorang chef dalam mempresentasikan makanan yang dibuat secara baik”.     

Chinese Cuisine yang beranggotakan Ivonne, Aria Damar, Hatta menjadi juara pertama dalam kegiatan kali ini dengan menu andalannya adalah Appetizer : Assorted Dimsum (Xiao Lung Bao, Har gao, Vegetable Spring Roll, Tofu Skin roll), Soup : adalah Pigeon Soup in bamboo, untuk Main course : Beggar's Chicken,  Hainan Rice, Kailan and tofu with garlic sauce, Thousand Years Old Eggs, Chili Oil dan untuk Dessert : Almond Pudding.

Spanish Cuisine yang mendapatkan posisi kedua beranggotakan Astria Nathania, Billy Ferdinan, Nophan Alfian, Samy mereka membuat menu andalannya adalah Appetizer Ensalada de Pimlento Asados, Tomato con Atun, Tortilla de Patatas, Albondigas, Soup: Raspberry and Orange Gazpacho, Main Course: Paella Valenciana, Dessert: Natillas

Japanese Cuisine memperoleh juara ketiga beranggotakan Bayu, Bob desmond dan jessica  dengan menu andalannya adalah Bukkake Soba, Dobin Mushi, Chawan Mushi, Maguro Tataki, Assorted Sashimi, Assorted Suchi, Kids Bento

Ivone salah satu anggota dari Chinese cuisine mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan hasil atas kerja kerasnya bersama Tim nya, “Kami tidak yakin kalau kami menang, karena semua display sangat bagus” jelasnya bahagia.

Penilaian juri sangat ketat dan dengan hasil yang tidak jauh berbeda antara satu juara dengan juara lainnya, juara pertama mendapatkan 84,5 poin, juara kedua mendapatkan 80 poin dan juara ketiga mendapatkan 74 poin, “Kami sangat berhati-hati dalam menentukan pemenang, sebenarnya semua sudah sangat baik namun kami menentukan Best of The Best “ papar chef Yanto.

Selamat bagi para pemenang, jadilah chef yang mempunyai kualitas tinggi dan mengharumkan nama Indonesia dalam kancah dunia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar