Selasa, 11 Januari 2011

THANK YOU PROBLEM


THANK YOU PROBLEM
Oleh : Dony Riyadi,S.ST


Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda…, slogan itu pernah kita dengar dari orang tua, guru bahkan sahabat kita untuk dapat membangkitkan semangat kita untuk terus dapat berjuang setelah terpuruk dalam kata yang bernama GAGAL…. pernahkan kita merasa gagal ?, setelah gagal, haruskah kita berjuang dari awal ?, bagaimana apabila usaha kita gagal lagi...???. Ditubuh TNI AL percaya bahwa laut yang tenang tidak akan menambah ilmu, keahlian dan keterampilan seorang pelaut handal….

Kadang kita takut bertemu dengan masalah atau kegagalan, saya pernah dinasehati oleh paman saya sewaktu saya menemui kekecewaan dia berkata bahwa “pengalaman adalah guru yang terbaik”, saya sudah banyak makan ASAM dan GARAM” tegasnya.

Saya berfikir sejenak, Asam dan Garam itu rasanya ASEM, PAHIT, ASIN toh mengapa orang bangga telah banyak makan asam dan garam?, kenapa tidak bilang bahwa sudah banyak menikmati hidup ini, kesuksesan hidup, manisnya hidup, bahagianya hidup…. dalam memberi nasehat kenapa harus ASAM dan GARAM?

Sayapun ingat akan kata ini ”Masalah itu ada harus selesaikan dan bukan disesuaikan”, begitu petikan kata yang keluar dari presentasi yang diberikan seorang motivator handal Mario Teguh.

Banyak orang menyesuaikan masalah, bukan berusaha untuk menyelesaikannya, contoh kecilnya adalah apabila kita kekurangan secara financial ternyata bukan berhemat namun lebih berusaha untuk mencari lebih, agar kebutuhan kita layak untuk dipenuhi. Para ilmuan di Inggris menyatakan bahwa otak manusia terdiri dari 3 Milyar sel syaraf dan apabila disambungkan mengelilingi bumi maka dapat 3 kali putaran.

Masalah demi masalah dalam hidup sepertinya haus akan penyelesaian, semakin disesuaikan maka semakin banyak masalah yang timbul namun semakin kita selesaikan semakin dewasalah kita dalam menyikapi suatu masalah yang dapat kita selesaikan tanpa emosi, karena emosi hanya akan memperumit hidup kita.

Saya pernah melakukan kegiatan rutinitas saya dalam bekerja untuk menghindari kesalahan atau kegagalan dengan Excellent Time, masuk jam 8 pagi maka saya datang jam 8 dan pulang jam 4 sore maka sayapun pulang tepat waktu, tanpa berbuat sesuatu yang beresiko membuat kegagalan dan kesalahan, mengikuti perintah atasan, mengikuti kebudayaan tempat saya bekerja, 6 tahun saya melakukan sesuai standar kerja seorang pegawai tanpa prestasi kerja, karir yang diberikan manajemen, gaji sesuai UMR… suatu saat sayapun diingatkan oleh rekan kerja saya, dia berkata “jangan kamu membenarkan kebiasaan namun biasakanlah untuk benar, membenarkjan kebiasaan hanya akan membuat dirimu semakin jauh dari perubahan dan kalau kamu membiasakan diri untuk benar maka kamu akan terus mengikuti jaman”  

Seekor kupu-kupu dibelakang rumah saya akan keluar dari kepompongnya, dengan tidak sabar untuk membantu kupu-kupu tersebut saya robek kepompongnya agar kupu-kupu tersebut keluar dari masalah yang dihadapinya, namun kupu-kupu itu terjatuh dan mati sekitar 15 menit kemudian..., dan setelah saya membaca buku bahwa itu adalah proses yang alami, tidak dapat dipaksakan untuk mempercepat dan memotong takdir alam, proses yang harus dilalui kupu-kupu agar nantinya mempunyai tenaga untuk dapat terbang setelah keluar dari kepompong

Para cendikiawan dan professional melakukan konferensi tingkat dunia untuk mencari jawaban dari permasalahan yang dihadapi dunia ini, setelah melakukan penelitian yang panjang, setelah melalui perdebatan yang melelahkan dan akhirnya ditemukan jawabannya yaitu I AM….. (SAYA)

Permasalahan yang sesungguhnya adalah diri kita sendiri, tanpa saya sadari saya selalu menaruh kesalahan pada orang lain, memfitnah orang lain, mencemooh orang lain tanpa saya berkaca terhadap diri saya sendiri.

THANK YOU PROBLEM, kata yang tabu untuk saya katakan dahulu, namun setelah saya sadari bahwa memang masalah membuat saya lebih dewasa, lebih hati-hati dalam memutuskan, berbicara dan bertindak…..

THANK YOU PROBLEM, tanpamu sepertinya saya akan terus terhempas jaman, pelaut yang berlayar dikolam renang, katak dalam tempurung…

THANK YOU PROBLEM, saya tidak akan menyesuaikanmu, tidak akan membuatmu namun akan saya lewati dirimu dengan penuh keyakinan dan semangat bahwa setelah itu akan saya temukan pelajaran berharga akan rasa ASAM dan GARAM yang akan saya pergunakan dalam perjalanan hidup saya yang Manis…………  

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar