1. KUNCI DASAR DIDALAM HOSPITALITY BUSINESS
2. SIAPA YANG BERKONTRIBUSI DALAM MEBERIKAN PELAYANAN SPECIAL ?
3. APA YANG MEMBUAT PELAYANAN ANDA BEGITU SPECIAL ?
4. SIAPA PELANGGAN ANDA ?
5. MENGAPA PELANGGAN ITU PENTING ?
6. MENGAPA ANDA MENGHARGAI SEBUAH PROFESIONALITAS ?
7. KETIKA TEAM TIDAK LAGI SOLID
8. APA YANG INGIN ANDA CAPAI DENGAN MENJADI BAGIAN DARI TEAM ?
- KUNCI DASAR DARI BISNIS KERAMAH-TAMAHAN
- ATTITUDE atau SPIRIT. adalah kunci kesuksesan dalam sebuah bisnis keramah-tamahan
Perhatikan Jika A =1 ; B = 2 ; C = 3, Dst.................
Maka K N O W L E D G E
11 14 15 23 12 5 4 7 5 = 96 %
S K I L L
19 11 9 12 12 = 63 %
A T T I T U D E
1 20 20 9 20 21 4 5 = 100 %
- ATTITUDE atau SPIRIT dapat membuat sebuah bisnis yang produknya tidak nyata menjadi nyata bagi Tamu karena pengalamannya dapat dibawa pulang
- ATTITUDE atau SPIRIT dapat mempengaruhi pengalaman yang dimiliki oleh Tamu di Tempat anda
- ATTITUDE atau SPIRIT adalah sangat erat kaitannya dengan Bisnis Keramah-Tamahan dimana Tamu membayar mahal untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan
- ATTITUDE atau SPIRIT dapat membuat suasana menyenangkan baik kepada Tamu yang datang maupun kepada Teman sejawat
- ATTITUDE atau SPIRIT dapat memberikan penghargaan yang diberikan kepada anda sesuatu yang special dan berbeda untuk dibawa pulang setiap harinya
- ATTITUDE atau SPIRIT beriringan sebagaimana berkerjasama dengan Kolega, Atasan maupun Tamu yang bergabung dengan SPIRIT OF HOSPITALITY anda
2. SIAPAKAH YANG MEMBERIKAN KONTRIBUSI PELAYANAN SPICIAL ?
KARYAWAN YANG : ............................
Ø TERSENYUM DAN RAMAH
Ø SOPAN DAN SANTUN
Ø BAIK DAN IKHLAS
Ø MENGORBANKAN WAKTU UNTUK MENGETAHUI KEBUTUHAN ANDA
Ø PERDULI TERHADAP KEBUTUHAN ANDA
Ø INGIN SELALU MEMBANTU ANDA
Ø MENGETAHUI BAGAIMANA MEMBANTU ANDA
Ø SELALU MELALUKAN ”EYE CONTACT”
Ø MEMBERIKAN PERHATIAN LEBIH KEPADA ANDA DARIPADA KEPADA MESIN, KERTAS KERJA, TELEPHONE,......
Ø SELALU MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN MENGUNDANG ANDA UNTUK KEMBALI
- APA YANG MEMBUAT PELAYANAN ANDA BEGITU SPECIAL ?????
- SMILE FOR EVERYONE ;
Senyum adalah simbol umum dari Hospitality, Ketika anda di Sapa dengan tersenyum walaupun ditempat yang asing maka anda akan merasa relax dan diterima sebagai Tamu
- EYE CONTACT
Eye Contact ini akan mengekspresikan bahwa anda peduli kepada Tamu
- REACHING OUT TO EVERY GUEST WITH HOSPITALITY
Ini akan menolong anda dan perusahaan berkembang dan maju sebagai Bisnis Kelanjutan “REPEAT BUSINESS”
- VIEWING EACH GUEST SPECIAL
Jika anda memperlakukan setiap tamu sebagai Tamu yang anda undang ke rumah anda, Tamu akan merasa sangat berharga dan mendapatkan sesuatu walaupun mengeluarkan Uang
- INVITING GUEST TO RETURN WITH A SINCERE “ THANK YOU “
Tamu akan kembali mengunjungi kita lagi dan memberitahukan kepada Teman-Temannya akan hal “SPIRIT OF HOSPITALITY”, apalagi Tamu VIP, VVIP
- CREATING A WARM ATMOSPHERE OF HOSPITALITY
The Hospitality- Keramah Tamahan adalah hal terbaik yang ditampilkan ketika kita perduli dan menunjukan keaslian budaya dalam memuaskan kebutuhan Tamu
- EXCELLENT IN EVERYTHING WE DO
Hasil akhir akan membuat pelayanan kita menjadi prima
- UNDERSTAND THE GUEST
Setiap tamu selalu ingin dimengerti baik kebutuhan maupun keinginannya
- MAKE A GUEST IMPORTANT
Setiap tamu ingin dianggap penting
4. SIAPAKAH PELANGGAN ANDA ??????
- SETIAP ORANG YANG PENTING KITA SEBUT TAMU
- BANYAK TIPE-TIPE TAMU YANG DATANG KE TEMPAT BISNIS KERAMAH-TAMAHAN
- SETIAP TAMU MEMPUNYAI ALASAN YANG BERBEDA UNTUK BERKUNJUNG
- SETIAP TAMU INGINKAN PELAYANAN SPECIAL DAN PERHATIAN
- SETIAP TAMU PASTI SESUATU YANG DASAR :
PELAYANAN YANG MEMUASKAN
5. JIKA ANDA SEORANG TAMU :
- ANDA TIDAK DIHARGAI
- KARYAWAN TERLALU SIBUK UNTUK MELAYANI DAN MEMENUHI KEBUTUHAN ANDA
- ANDA DIBERIKAN INFORMASI YANG SEDIKIT OLEH KARYAWAN
- KARYAWAN TIDAK BEKERJASAMA SEPERTI TIM
- KARYAWAN TIDAK PERDULI TERHADAP PEKERJAANNYA
- KARYAWAN TIDAK PERDULI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
6. THE HOSPITALITY PROFESSIONAL
- MENDENGARKAN / BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK
- PERLAKUKAN SEMUA TAMU SPECIAL
- BERIKAN PERHATIAN LEBIH TERHADAP KEBUTUHAN DAN KEINGINAN TAMU
- RAMAH DAN TERSENYUM
- BERPENAMPILAN BAIK DAN RAPIH
- SOPAN DAN SANTUN
- MEMPUNYAI SIKAP DAN PRILAKU YANG BAIK
- MELAYANI TAMU DENGAN MELIHAT PERSPEKTIF TAMU SETIAP SAAT
- HARUS BERTERIMA KASIH KEPADA TAMU
MENGAPA ANDA MENGHARGAI SEBUAH PROFESIONALITAS
-
-
- MEMPUNYAI BAKAT DAN KEMAMPUAN YANG ALAMI
- MAMPU MENGHARGAI ORANG LAIN
- BERDEDIKASI TERHADAP PEKERJAAN
- JUJUR
- KETIDAKTERGANTUNGAN
- SERIUS TERHADAP PEKERJAAN
- ANTUSIAS AND ENJOY TERHADAP PEKERJAAN
- ”THE TOPS” APA YANG DILAKUKANNYA
- ”MEMBERIKAN LEBIH”
7. TEAMWORK TIDAK SOLID, KARENA KARYAWAN ........
- MEMIKIRKAN KEPENTINGAN PRIBADI
- TIDAK MENYADARI BAHWA KETERKAITAN DENGAN DEPARTEMEN LAINNYA
- TIDAK BEKERJA SECARA PERFORMA
- GAGAL DALAM MENCAPAI TUJUAN BERSAMA
- KETIDAK PERCAYAAN KEPADA DEPARTEMEN LAINNYA
- TIDAK MEMBANTU SATU DENGAN YANG LAINNYA
- TIDAK PEKA TERHADAP KEBUTUHAN TEAM
- TIDAK TERMOTIVASI
- MEMBIARKAN TAMU DENGAN KESAN NEGATIVE
- SALING CURIGA-MENCURIGAI
- MASALAH DALAM BERKOMUNIKASI
APA YANG ANDA DAPATKAN DALAM TIM
- KEPERCAYAAN DAN SUASANA KERJA YANG NYAMAN
- SALING MEMBANTU DALAM SITUASI SULIT ATAU SIBUK
- MENGURANGI STRESS
- MENGETAHUI PERAN, TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB MASING-MASING INDIVIDU
- BERKESEMPATAN BELAJAR DARI ORANG LAIN
- MEMBUAT TUJUAN, VISI, DAN MISI BERSAMA LEBIH MUDAH TERCAPAI
8. APA YANG ANDA INGINKAN DARI PEKERJAAN
RANKING | FAKTOR | ALASAN |
| APRESIASI PENYELESIAN PEKERJAAN | |
| KEAMANAN PEKERJAAN | |
| GAJI LEBIH TINGGI | |
| PEKERJAAN YANG MENYENANGKAN | |
| PROMOSI JABATAN | |
| SUPPORT DAN BECK UP DARI ATASAN | |
| KONDISI KERJA YANG NYAMAN | |
| DISIPLIN DAN PROFESIONALISME | |
| DIHARGAI DALAM PEKERJAAN | |
| RASA MEMILIKI TERHADAP PEKERJAAN DAN PERUSAHAAN | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar