Selasa, 11 Januari 2011

THE SPIRIT OF HOSPITALITY


1.     KUNCI DASAR DIDALAM HOSPITALITY BUSINESS
2.     SIAPA YANG BERKONTRIBUSI DALAM MEBERIKAN PELAYANAN SPECIAL ?
3.     APA YANG MEMBUAT PELAYANAN ANDA BEGITU SPECIAL ?
4.     SIAPA PELANGGAN ANDA ?
5.     MENGAPA PELANGGAN ITU PENTING ?
6.     MENGAPA ANDA MENGHARGAI SEBUAH PROFESIONALITAS ?
7.     KETIKA TEAM TIDAK LAGI SOLID
8.     APA YANG INGIN ANDA CAPAI DENGAN MENJADI BAGIAN DARI TEAM ?



  1. KUNCI DASAR DARI BISNIS KERAMAH-TAMAHAN

-       ATTITUDE atau SPIRIT. adalah kunci kesuksesan dalam sebuah bisnis keramah-tamahan
Perhatikan Jika A =1 ; B = 2 ; C = 3, Dst.................

Maka             K   N  O  W  L   E  D  G  E
            11  14 15  23 12  5  4  7   5  = 96 %
             S    K    I    L    L
            19  11   9   12   12   = 63  %
            A     T     T     I     T    U     D     E  
            1     20    20   9     20   21    4      5  = 100 %
-       ATTITUDE atau SPIRIT dapat membuat sebuah bisnis yang produknya tidak nyata menjadi nyata bagi Tamu karena pengalamannya dapat dibawa pulang
-       ATTITUDE atau SPIRIT dapat mempengaruhi pengalaman yang dimiliki oleh Tamu di Tempat anda
-       ATTITUDE atau SPIRIT adalah sangat erat kaitannya dengan Bisnis Keramah-Tamahan dimana Tamu membayar mahal untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan
-       ATTITUDE atau SPIRIT dapat membuat suasana menyenangkan baik kepada Tamu yang datang maupun kepada Teman sejawat
-       ATTITUDE atau SPIRIT dapat memberikan penghargaan yang diberikan kepada anda sesuatu yang special dan berbeda untuk dibawa pulang setiap harinya
-       ATTITUDE atau SPIRIT beriringan sebagaimana berkerjasama dengan Kolega, Atasan maupun Tamu yang bergabung dengan SPIRIT OF HOSPITALITY anda








  
2. SIAPAKAH YANG MEMBERIKAN KONTRIBUSI PELAYANAN SPICIAL ?



KARYAWAN YANG : ............................


Ø TERSENYUM DAN RAMAH
Ø SOPAN DAN SANTUN
Ø BAIK DAN IKHLAS
Ø MENGORBANKAN WAKTU UNTUK MENGETAHUI KEBUTUHAN ANDA
Ø PERDULI TERHADAP KEBUTUHAN ANDA
Ø INGIN SELALU MEMBANTU ANDA
Ø MENGETAHUI BAGAIMANA MEMBANTU ANDA
Ø SELALU MELALUKAN ”EYE CONTACT”
Ø MEMBERIKAN PERHATIAN LEBIH KEPADA ANDA DARIPADA KEPADA MESIN, KERTAS KERJA, TELEPHONE,......
Ø SELALU MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN MENGUNDANG ANDA UNTUK KEMBALI


  1. APA YANG MEMBUAT PELAYANAN ANDA BEGITU SPECIAL ?????

-       SMILE FOR EVERYONE ;
Senyum adalah simbol umum dari Hospitality, Ketika anda di Sapa dengan tersenyum walaupun ditempat yang asing maka anda akan merasa relax dan diterima sebagai Tamu

-       EYE CONTACT
Eye Contact ini akan mengekspresikan bahwa anda peduli kepada Tamu

-       REACHING OUT TO EVERY GUEST WITH HOSPITALITY
Ini akan menolong anda dan perusahaan berkembang dan maju sebagai Bisnis Kelanjutan “REPEAT BUSINESS”

-       VIEWING EACH GUEST SPECIAL
Jika anda memperlakukan setiap tamu sebagai Tamu yang anda undang ke rumah anda, Tamu akan merasa sangat berharga dan mendapatkan sesuatu walaupun mengeluarkan Uang

-       INVITING GUEST TO RETURN WITH A SINCERE “ THANK YOU “
Tamu akan kembali mengunjungi kita lagi dan memberitahukan kepada Teman-Temannya akan hal “SPIRIT OF HOSPITALITY”, apalagi Tamu VIP, VVIP

-       CREATING A WARM ATMOSPHERE OF HOSPITALITY
The Hospitality- Keramah Tamahan adalah hal terbaik yang ditampilkan ketika kita perduli dan menunjukan keaslian budaya dalam memuaskan kebutuhan Tamu

-       EXCELLENT IN EVERYTHING WE DO
Hasil akhir akan membuat pelayanan kita menjadi prima

-       UNDERSTAND THE GUEST
Setiap tamu selalu ingin dimengerti baik kebutuhan maupun keinginannya

-       MAKE A GUEST IMPORTANT
Setiap tamu ingin dianggap penting



4.  SIAPAKAH PELANGGAN ANDA ??????

-       SETIAP ORANG YANG PENTING KITA SEBUT TAMU
-       BANYAK TIPE-TIPE TAMU YANG DATANG KE TEMPAT BISNIS KERAMAH-TAMAHAN
-       SETIAP TAMU MEMPUNYAI ALASAN YANG BERBEDA UNTUK BERKUNJUNG
-       SETIAP TAMU INGINKAN PELAYANAN SPECIAL DAN PERHATIAN
-       SETIAP TAMU PASTI SESUATU YANG DASAR :
PELAYANAN YANG MEMUASKAN

5.  JIKA ANDA SEORANG TAMU :

-       KARYAWAN TIDAK PERDULI DENGAN ANDA
-       ANDA TIDAK DIHARGAI
-       KARYAWAN TERLALU SIBUK UNTUK MELAYANI DAN MEMENUHI KEBUTUHAN ANDA
-       ANDA DIBERIKAN INFORMASI YANG SEDIKIT OLEH KARYAWAN
-       KARYAWAN TIDAK BEKERJASAMA SEPERTI TIM
-       KARYAWAN TIDAK PERDULI TERHADAP PEKERJAANNYA
-       KARYAWAN TIDAK PERDULI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN



6. THE HOSPITALITY PROFESSIONAL

-       MENDENGARKAN / BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK
-       PERLAKUKAN SEMUA TAMU SPECIAL
-       BERIKAN PERHATIAN LEBIH TERHADAP KEBUTUHAN DAN KEINGINAN TAMU
-       RAMAH DAN TERSENYUM
-       BERPENAMPILAN BAIK DAN RAPIH
-       SOPAN DAN SANTUN
-       MEMPUNYAI SIKAP DAN PRILAKU YANG BAIK
-       MELAYANI TAMU DENGAN MELIHAT PERSPEKTIF TAMU SETIAP SAAT
-       HARUS BERTERIMA KASIH KEPADA TAMU


MENGAPA ANDA MENGHARGAI SEBUAH PROFESIONALITAS
-
-       MEMPUNYAI BAKAT DAN KEMAMPUAN YANG ALAMI
-       MAMPU MENGHARGAI ORANG LAIN
-       BERDEDIKASI TERHADAP PEKERJAAN
-       JUJUR
-       KETIDAKTERGANTUNGAN
-       SERIUS TERHADAP PEKERJAAN
-       ANTUSIAS AND ENJOY TERHADAP PEKERJAAN
-       ”THE TOPS” APA YANG DILAKUKANNYA
-       ”MEMBERIKAN LEBIH”



7.    TEAMWORK TIDAK SOLID, KARENA KARYAWAN ........

-       MEMIKIRKAN KEPENTINGAN PRIBADI
-       TIDAK MENYADARI BAHWA KETERKAITAN DENGAN DEPARTEMEN LAINNYA
-       TIDAK BEKERJA SECARA PERFORMA
-       GAGAL DALAM MENCAPAI TUJUAN BERSAMA
-       KETIDAK PERCAYAAN KEPADA DEPARTEMEN LAINNYA
-       TIDAK MEMBANTU SATU DENGAN YANG LAINNYA
-       TIDAK PEKA TERHADAP KEBUTUHAN TEAM
-       TIDAK TERMOTIVASI
-       MEMBIARKAN TAMU DENGAN KESAN NEGATIVE
-       SALING CURIGA-MENCURIGAI
-       MASALAH DALAM BERKOMUNIKASI

APA YANG ANDA DAPATKAN DALAM TIM

-       PERKEMBANGAN KOMUNIKASI SESAMA TEMAN SEJAWAT
-       KEPERCAYAAN DAN SUASANA KERJA YANG NYAMAN
-       SALING MEMBANTU DALAM SITUASI SULIT ATAU SIBUK
-       MENGURANGI STRESS
-       MENGETAHUI PERAN, TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB MASING-MASING INDIVIDU
-       BERKESEMPATAN BELAJAR DARI ORANG LAIN
-       MEMBUAT TUJUAN, VISI, DAN MISI BERSAMA LEBIH MUDAH TERCAPAI



8.    APA YANG ANDA INGINKAN DARI PEKERJAAN


RANKING
FAKTOR
ALASAN


APRESIASI PENYELESIAN PEKERJAAN



KEAMANAN PEKERJAAN



GAJI LEBIH TINGGI



PEKERJAAN YANG MENYENANGKAN



PROMOSI JABATAN



SUPPORT DAN BECK UP DARI ATASAN



KONDISI KERJA YANG NYAMAN



DISIPLIN DAN PROFESIONALISME



DIHARGAI DALAM PEKERJAAN


RASA MEMILIKI TERHADAP PEKERJAAN DAN PERUSAHAAN





Tidak ada komentar:

Posting Komentar